Saturday, January 4, 2020

Sosialisasi ABDIMAS 34 Dalam Teknologi Tepat Guna Pembuatan Lampu Otomatis sebagai Peluang Usaha


Jumat, 03 Januari 2020, Pukul 19.00, Bertempat di Kasengan, Manding, Sumenep.
ABDIMAS 34 dari Universitas Trunojoyo Madura melakukan sosialisasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam hal ini ABDIMAS 34 membuat suatu produk Lampu otomatis. dalam hal ini lampu di buat untuk penerangan jalan maupun Smart Home yang bertujuan ketika warga lupa akan mematikan lampu saat pagi hari maka lampu secara otomatis akan mati. Hal ini bertujuan untuk menghemat energi listrik dan mengurangi biaya listrik dalam setiap bulannya.

TTG bertempat di rumah Bapak Tedi. Dalam hal ini Teknologi Tepat Guna disampaikan sesudah adanya acara pengajian. Karena setiap warganya mempunyai kesibukan masing-masing maka saat yang pas untuk warga Kasengan, Manding, Sumenep ini sangat antusias dalam mepraktekkan TTG tesebut.


"Apa saja kompenen lampu otomatis tersebut ?" ujar bapak  Muhlis warga Kasengan

"Komponen lampu otomatis ini sangat mudah dengan membeli peralatan seperti, Resistor 220k, LDR (sensor cahaya), BT 136 Triac, Fiting, Lampu, dan Konektor. Harga yang di beli sekitar Rp. 22.000. Tentu sangat murah dan bisa dijadikan peluang usaha untuk masyarakat Kasengan sendiri." ujar Nurul Wahyudi Koordinator Desa.

Pembuatan TTG ini sangat mudah. Dengan bahan-bahan komponen utama, alat-alat yang harus disiapkan seperti; solder, timah, tang potong. Cara membuatnya yaitu; Pertama, siapkan komponen LDR, BT136, resistor. Kedua, sambunglah kedua kaki LDR ke kaki katoda dan juga ke kaki get pada komponen Triac dan sambungkanlah resistor dari kaki anoda ke get Triac, kemudian sambungkan kaki katoda ke salah satu ke fiitting lampu 5watt, sambungkan kabel AC ke anoda triac dan dan ke fitting salah satunya, lampu otomatis bisa digunakan.

Maka dari hal tersebut tentunya dapat menghasilkan karya lampu otomatis tentunya ini dapat menjadikan peluang usaha yang nntiinya dapat dikembangkan dan juga meghasilkan suatu karya yang sangat berharga bagi Desa Kasengan., Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep.



                                            Jumat, 3 Januari 2020 Pukul : 19.00, Desa Kasengan, Manding, Sumenep

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Flickr

Random Posts