Wednesday, July 20, 2016

Home Industri Keripik Singkong Dua Putri, Kasengan, Sumenep

Wawancara dengan Bapak Sakir

                Sebanyak lima orang anggota kelompok KKN 17 dari Universitas Trunojoyo Madura mengunjungi usaha rumahan Keripik Singkong Dua Putri milik Pak Sakir yang beralamat di Desa Kasengan Tengah. Usaha keripik singkong ini sudah dijalankan oleh pak Sakir selama 8 tahun lamanya, tepatnya dimulai bulan Desember 2007. Pak Sakir mendapatkan bahan baku dari pengepul di Kasengan. Bahan baku yang digunakan bukan singkong lokal, sebab kualitas singkong lokal belum sebaik singkong yang disambung, seperti singkong Banyuwangi.
                Usaha Keripik Singkong Dua Putri juga pernah mengalami naik turun. Dulu, Pak Sakir pernah menjual keripik mentahan, namun sepi pelanggan. Konsumen tidak sebaik keripik singkong yang sudah digoreng. Dan sekarang, Pak Sakir hanya menjual keripik singkong yang sudah siap konsumsi dan dikemas langsung oleh Pak Sakir. Harga dibandrol mulai Rp 500 – Rp 5.000. Pak Sakir memperkerjakan 2-3 orang untuk usaha keripik singkong beliau. Selama dua kali seminggu Pak Sakir rutin produksi sebab permintaan dari pelanggan cukup banyak.

Keripik Singkong Dua Putri usaha rumahan milik Pak Sakir

                Kendala yang dialami dalam usaha ini dari segi bahan baku dan juga pemasaran. Kurangnya bahan baku kualitas baik, membuat Pak Sakir kadang memilih untuk menggunakan singkong lokal yang bertekstur keras, tidak serenyah singkong kualitas baik (singkong sambung –red.) sehingga pelanggan kadang mengeluh dan menurunkan tingkat konsumsi dalam masyarakat. Dari segi pemasaran, Pak Sakir kurang jaringan komunikasi dengan para pemilik usaha lain. Sehingga, produksi keripik singkong Pak Sakir baru tersebar di Pulau Madura saja.
Selain memiliki usaha keripik singkong, Pak Sakir juga memiliki usaha sampingan yakninya usaha itik petelur sebanyak 100 ekor. Dalam sehari, itik petelur Pak Sakir bisa memproduksi 90 butir telur yang dihargai Rp 1.800/butir. Usaha sampingan ini sudah dimulai sejak tiga tahun yang lalu.

Pak Sakir memiliki usaha sampingan lain yakninya beternak itik petelur


Info pemesanan Keripik Singkong Dua Putri khas Desa Kasengan, Kec. Manding, Sumenep:
Pak Sakir : 0823 3377 4679 (AS) dan 0819 3492 0759 (XL)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Flickr

Random Posts